Kamis, 06 Desember 2012

Mol Dari Pohon Pisang

Menurut saya, pohon Pisang adalah salah satu tanaman yang unik.  Tanaman yang punya keistimewaan tersendiri.Bagi seorang Muslim, ada petunjuk dari Al-Quran bahwa di akhirat kelak, para penghuni surga nanti pun akan menikmati buah dari tanaman ini,
Pasti bukan suatu kebetulan kalau Allah mengabarkan ke kita bahwa para penghuni surga dari golongan kanan ? yaitu golongan yang dimuliakan oleh Allah, kelak akan menikmati pahalanya ?…berada di antara  pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas…?(QS. Al-Waqi’ah [56]:  28-30). Allah rupanya menginginkan kita menikmati sebagian kecil dari kenikmatan surgawi tersebut selagi kita masih di dunia ? dengan mudahnya  

Tanaman Pisang ini tumbuh di bumi pertiwi. http://www.dinarislam.com/tag/teknologi
Menurut saya, keistimewaan dan keunikKan pohon pisang tsb sbb :

Pertama, buahnya sehat dan menyehatkan, sebab jarang sekali buah pisang yang disemprot dengan pestisida kimia. Kandungan buahnya mengandung nilai gizi yang tinggi, dll.
Buah pisang juga dapat dijadikan tepung pisang.
Kedua, batang pisang bisa dijadikan bahan utama membuat bangunan, seperti yang sudah dilakukan di Jonggol, Bogor. Ada masjid yang bahan utamanya adalah gedobog (gedebong) pisang.
Dengan sentuhan ilmu pengetahuan, maka Masjid dari Gedebog Pisang dengan teknologi composites dapat dibuat. Saya sudah beberapa kali ke sana.
Ketiga, ternyata serat batang pisang bisa dijadikan serat untuk bahan tekstil. Bahkan dengan pengolahan yang baik, kualitas serat pisang bisa lebih baik dari serat kapas.
Keempat, dll

Tanaman Pisang Dalam Kaca Mata Pertanian
Sekarang marilah kita lihat manfaat tanaman pisang dalam kaca mata pertanian. Pertanian disini akan saya kaitkan dengan apa yang disebut MOL (Mikro Organisme Lokal).
Menurut saya, secara umum tanaman pisang dibagi kedalam 3 macam dalam pembuatan MOL :

Pertama, buahnya
Buah pisang ( pisang tak terpakai pun) dapat dijadikan MOL.  MOL buah pisang (buah-buahan) cocok digunakan pada fase pengisian bulir padi.
Untuk jantung pisang sendiri, saya belum pernah membuat MOL nya.  Tapi, menurut saya, jantung pisang pun dapat dibuat MOL. Dan diaplikasikan pada fase pengisian bulir padi.

Kedua, batang pisang (gedebog pisang)
Sepengetahuan saya, batang pisang mengandung fosfat yang tinggi. Itu artinya, batang pisang bisa dijadikan MOL. MOL dari batang pisang ini cocok digunakan tanaman padi pada fase primordial.

Ketiga, bonggolnya
Untuk membuat MOL dari bonggol pisang, mungkin sudah biasa dilakukan oleh para pembuat MOL. MOl dari bonggol ini, selain mengandung hara yang tinggi, juga dihasilkan ZPT (zat perangsang tumbuh) seperti : giberelin, auksin, sitokinin, dll.
Dengan demikian, MOL tsb sanga baik bila digunakan pada fese vegetatif.

Aplikasi pada Tanaman Padi
Biasanya, aplikasi MOL pada tanaman padi setelah di tanam adalah 10, 20, 30, 40,  60 dan 75 hst.
Nah, untuk 10 dan 20 hst didigunakan MOL dari bonggol pisang
Untuk 30 dan 40 hst digunakan MOL dari batang pisang
Untuk 60 dan 75  hst digunakan MOL buah pisang.
Dari tanaman pisang saja, kita bisa membuat pupuk/MOL yang dibutuhkan oleh tanaman apa saja khususnya tanaman padi.
Inilah berkah hidup di Indonesia, pohon pisang banyak terdapat dimana saja. Pohon pisang dapat hidup kapan saja.

0 komentar:

Posting Komentar

tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada

 
Created By HolisgokiLz CORPORATION | CONSULTAN IT dan HACKER INTELEKTUAL | Tehnik Informatika 2009